Paxel Sameday Sameprice: Meluncur Cepat Antarkan Kebaikan

Jasa pengiriman online Paxel belakangan ini sangat digandrungi di kalangan online shopper yang sering melakukan transaksi berbasis internet. Pasalnya, perusahaan ini sedang gencar menawarkan pengiriman cepat yang menjanjikan barang sampai pada hari yang sama. Telah melakukan launching di beberapa daerah di Jakarta dan sekitarnya, Sabtu, 16 Pebruari 2019 kemarin Paxel juga melaksanakan opening di Denpasar, tepatnya di Kembali Hub, Sunset Road.
            Acara opening ini dirangkai dengan empat sesi dialog bersama pendiri perusahaan, CEO, corporate branding Paxel, serta testimoni bersama mitra dan pengguna Paxel. Dialog pertama merupakan dialog dengan bapak Johari Zein yang merupakan salah satu pendiri Paxel. Pak Zein menceritakan bahwa sejarah pendirian Paxel bermula dari perjalanan spiritualnya menemukan keyakinan yang ia imani. Keimanannya membuatnya selalu berupaya membantu dan mendahulukan kepentingan orang lain, sehingga menciptakan hubungan harmonis yang terjalin dalam jangka waktu yang panjang. Maka itu ia bermimpi untuk menghadirkan solusi-solusi yang dapat membantu kepentingan orang banyak, salah satunya dengan mendirikan Paxel.
Bapak Johari Zein, Founder Paxel

            Paxel memiliki hashtag #AntarkanKebaikan yang merupakan niat dasar yang melatarbelakangi pelayanan yang diberikan. Tagline #AntarkanKebaikan ini kemudian mengakibatkan Paxel fokus untuk menghadirkan berbagai solusi yang dapat digunakan untuk meminimalisir semua kesulitan yang dialami pengguna jasa pengiriman. Beberapa fokus dari Paxel antara lain: (1) Memberikan pelayanan Sameday Sameprice, dimana Paxel memberikan pelayanan pengiriman barang yang dapat sampai ke tangan pengguna jasa di hari yang sama, tidak hanya untuk pengiriman antarkota, tapi juga pengiriman antarpulau. Paxel juga memberikan biaya pengiriman antardaerah dengan harga yang sama (flat), bukan berdasarkan jarak wilayah. Penentuan harga jasa kirim barang disesuaikan dengan ukuran barang; (2) Melacak barang dengan mudah melalui aplikasi. Paxel memiliki aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk merekam segala aktifitas yang terjadi selama pengiriman barang. Rekam aktifitas yang ditawarkan tidak hanya penjelasan barang sudah sampai mana, tapi juga memuat foto pengirim, foto paket yang dikirimkan, serta penerima paket.; (3) Menawarkan keluwesan dalam penentuan waktu penerimaan barang. Penerima barang bisa mengatur waktu penerimaan paket melalui aplikasi, jadi semisal kita mendadak harus keluar kota dan paket yang dikirim kepada kita terjadwal sampai hari itu juga, kita bisa mengubah waktu penerimaan menjadi besok atau hari lain saat kita telah kembali ke rumah langsung dari aplikasi. Kurir akan mengantar barang sesuai dengan tanggal yang kita tentukan.
            Mengapa Paxel dapat memberikan pelayanan yang begitu mudah, praktis dan cepat? Alasannya adalah karena aplikasi Paxel dijalankan menggunakan sistem AI (Artificial Intelligence), dimana sistem AI ini berperan cukup besar untuk membantu meningkatkan efisiensi kerja kurir serta meningkatkan kenyamanan pengguna jasa. Sistem AI membantu untuk menentukan secara pintar jalur pengiriman yang harus dilalui kurir sehingga rute tempuh menjadi singkat. Segala alur kerja kurir diatur oleh sistem, kurir hanya bertugas sebagai touchpoin atau titik sentuh akhir antarpengguna jasa.

            Sesi kedua diisi dengan bincang-bincang bersama partner paxel, yaitu salah satu pengelola yayasan yang bergerak dibidang pelayanan perawatan anak dengan kanker atau HIV. Dalam sesi ini dipaparkan bahwa Paxel juga membuka kemungkinan luas untuk komunitas atau yayasan bermitra dengan paxel untuk pengiriman donasi. Paxel memberi pengiriman gratis untuk setiap transaksi pengiriman donasi kepada mitra Paxel.
            Sesi ketiga adalah bincang-bincang bersama CEO Paxel, bapak Brian. Dalam sesi ini, Pak Brian menjelaskan semangat yang menaungi Paxel untuk bergerak dan member pelayanan terbaik pada masyarakat.Brand tagline Paxel adalah ‘Make the first move’, dimana sedapat mungkin Paxel selalu menjadi perusahaan logistik terdepan yang selalu dengan cepat membaca kendala-kendala dan kebutuhan pelanggan, sehingga nantinya akan menjadi yang pertama memberi solusi terbaik untuk kendala yang ada.
            Kemudahan pelayanan yang diberikan Paxel, selain karena menggunakan sistem AI, juga karena ia menginisiasi sistem baru dalam penyortiran dan penyimpanan paket, yaitu dengan menggunakan loker. Loker-loker didirikan di berbagai titik strategis sebagai gudang penyimpanan barang. Loker dikelola menggunakan sistem AI, dan tidak perlu menggunakan tenaga manusia untuk menjaga atau mensortir barang. Ini merupakan langkah perusahaan untuk mengefisiensi biaya sewa gudang dan tenaga pensortiran, sehingga Paxel dapat menekan biaya operasional dan memberikan harga jasa yang bersaing kepada konsumen.
            Sesi bincang terakhir dibawakan oleh corporate branding Paxel. Dalam sesi ini dijelaskan mengenai filosofi logo serta warna utama yang digunakan dalam membranding Paxel, yaitu Ungu dan Kuning. Selain itu juga dilaksanakan demonstrasi proses pengiriman dan penerimaan barang oleh kurir yang disebut sebagai happiness hero. Wilayah kerja Happiness Hero di Bali sementara ini baru mencakup wilayah Kuta, Kuta Utara, Kuta Selatan dan Denpasar. Selanjutnya akan dilaksanakan perluasan wilayah kerja dan pendirian loker barang di daerah Petang, Mengwi, Gianyar, hingga menyebar ke seluruh wilayah yang ada di Bali.

            Sebagai kebaikan pertama yang diberikan oleh Paxel kepada pelanggannya, Paxel memberikan saldo gratis sebesar Rp 100.000,- pada aplikasinya. Aplikasi dapat didownload di Play Store dengan mengetik Paxel. Kalian dapat menggunakan kode referral @iluhwanda ketika menginstal aplikasi tersebut.
            Selain empat sesi yang sangat menggairahkan tersebut, Paxel juga menyelingi sesi bincang-bincang dengan menggelar kuis live tweeter dan juga kuis seberapa gregetnya Paxel. Beruntungnya penulis di kala itu yang telah jauh-jauh menghadiri acara Paxel dari Bali Utara dengan menempuh jarak 3 jam berhasil memenangkan kedua kuis yang diselenggarakan tersebut. Terima kasih Paxel, selamat menebar kebaikan.

3 komentar:

  1. Paxel memberi kemudahan dalam memgirim barang secara sameday delivery

    BalasHapus
  2. Salam kenal, Mbak... keren semangat sekali datang dari jauh ke Denpasar untuk acara itu.

    Paxel dengan sameday service-nya memang yang dibutuhkan masyarakat sekarang ini ya ;)

    BalasHapus

Leave a comment...

Diberdayakan oleh Blogger.